Perlunya Ruang Menyusui di Fasilitas Umum

Bagi Ibu menyusui yang sedang bepergian seringkali harus menyusui langsung anaknya.Pengalaman saya sebagai ibu menyusui yang kita butuhkan adalah privasi saat menyusui. Syukur sekali kalau ada ruang khusus menyusui di tempat menyusui. Tapi selama ini susahnya bukan main untuk menemukan ruang khusus menyusui. Lebih mudah menemukan ruang khusus untuk perokok. Padahal ruangan ini tidak perlu mewah bahkan bisa digabung dengan ruang ganti untuk bayi.

Sulitnya menemui ruang menyusui di fasilitas umum adalah hal yang menyebalkan buat ibu menyusui . Seakan-akan kebutuhan bayi dan ibu menyusui memang tidak diabaikan. Padahal para ibu menyusui sangat memberi nilai plus buat tempat-tempat yang menyediakan ruangan ini . Seringkali bagi ibu menyusui seperti saya menemui kesulitan pada saat hendak menyusui di tempat umum misalnya di pusat perbelanjaan , stasiun , airport , restaurant dll. Hal ini disebabkan karena tidak tersedianya ruangan khusus untuk ibu menyusui .

Menurut saya ini hal yang penting untuk diadakan demi kebaikan ibu yang hendak menyusui bayinya. Tidak perlu ruangan tersebut mewah dan luas, yang diperlukan adalah bersih , sirkulasi udara lancar , adanya kursi / sofa , bisa dikunci dan tenang sehingga privasi yang diinginkan bisa tercapai. Ada beberapa mall yang sudah mengadakan ruangan ini dan sudah cukup baik kualitasnya . Biasanya ruangan ini sekalian berfungsi sebagai ruang ganti bayi . Semoga di masa depan sulitnya menemui ruang menyusui di fasilitas umum sudah tidak dijumpai lagi . Ayo para pengelola dan para arsitek agar lebih banyak perhatian untuk menempatkan ruang menyusui di tempat / fasilitas umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar