Manfaat dan Keuntungan Menyusui

Menyusui adalah proses alami seorang Ibu memberikan makanan yang berupa Air Susu Ibu pada bayinya. Atau biasa kita sebut dengan ASI . ASI adalah pilihan terbaik bagi bayi anda. Tidak ada pruduk lain yang bisa menyamai apalagi mengungguli ASI. Menyusui memilik banyak manfaat. Manfaat itu sangat berguna bayi sekaligus Ibunya. Jadi ASI bukanlah sekedar memberi bayi susu.  
Segala manfaat dan keuntungan menyusui  yang tiada duanya adalah :
Keuntungan Menyusui bagi Bayi
  1. Nutrisi lengkap bagi bayi. ASI mengandung protein, mineral, air, lemak, serta laktosa, dll.Kandungan ASI yang berubah-ubah tiap harinya sudah sesuai dengan kebutuhan dan pertumbuhan anak.
  2. Memberikan seluruh kebutuhan nutrisi dan energi selama 1 bulan pertama, separuh atau lebih nutrisi   selama 6 bulan kedua dalam tahun pertama, dan 1/3 nutrisi atau lebih selama tahun kedua.  
  3. ASI juga menyediakan perlindungan dan penyembuhan yang lebih cepat dari infeksi. Imunoglobulin A terdapat dalam jumlah yang banyak di dalam kolostrum sehingga memberikan bayi tersebut kekebalan tubuh pasif terhadap infeksi. Terdapat faktor bifidus di dalam air susu ibu yang menyebabkan pertumbuhan dari Lactobacillus bifidus yang dapat menurunkan kumpulan bakteri patogen (menyebabkan penyakit pada manusia) penyebab diare.
  4. Berdasarkan penelitian di negara maju, ASI dapat menurunkan angka infeksi saluran pernapasan bawah, otitis media (infeksi pada telinga tengah), meningitis bakteri (radang selaput otak), infeksi saluran kemih, diare, dan necrotizing enterocolitis.
  5. ASI tidak akan menyebabkan alergi karena sesuai kodrat alam bahwa tiap makhluk hidup menyusui ( mamalia ) akan minum susu yang berasal dari induknya langsung. Protein yang terdapat pada ASI adalah protein yang spesifik untuk manusia, maka pengenalan lebih lama terhadap protein asing atau protein lain yang terdapat di dalam susu formula, dapat mengurangi dan memperlambat terjadinya alergi.
Keuntungan bagi Ibu
  1. Hormon oksitosin dilepaskan selama menyusui yang menyebabkan peningkatan kontraksi rahim, mencegah involusi rahim, dan menurunkan angka kejadian perdarahan setelah melahirkan.
  2. Wanita yang menyusui, menurunkan angka kejadian kanker indung telur dan kanker payudara setelah menopause sesuai dengan lamanya waktu dia menyusui. 
  3. Wanita yang menyusui juga dapat mengurangi angka kejadian osteoporosis dan patah tulang panggul setelah menopause, serta menurunkan kejadian obesitas karena kehamilan.
  4. Meyusui dapat menciptakan kontak tubuh dan ikatan batin antara ibu dengan bayi 
  5. Dapat mengurangi biaya dibandingkan dengan pemakaian susu formula. 
Demikianlah manfaat dan keuntungan menyusui yang tentu saja tidak mungkin kita abaikan. Jadi semangatlah untuk calon ibu dan ibu menyusui . Berikanlah yang terbaik buat putra putri kita dan dapatkan manfaatnya buat ibu sendiri dan keluarga Jangan pernah ragu apalagi menyangkal penggunaan ASI bagi bayi anda.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar