Persiapan Kelahiran

Suatu penantian yang menggembirakan bagi ibu yang sedang menantikan kelahiran. Banyak hal yang mulai bunda persiapkan untuk menyambut kelahirannya nanti. Mulai dari persiapan saat bersalin dan nanti setelah tiba dirumah. Supaya lebih teratur dan tidak ada yang terlewatkan sebaiknya bunda membuat daftar secara tertulis. Mulai dari perlengkapan anak saat lahir seperti pakaian ibu dan anak selama di rumah sakit dan saat pulang hingga perlengkapan saat nanti dirumah seperti mempersiapkan kamar , peralatan mandi , dll.

 Buatlah daftar yang harus dilakukan selain daftar barang-barang yang bunda perlukan . Misalnya : Untuk meminta surat pengantar dari dokter kandungan untuk rumah sakit yang dituju, memilih dokter anak sesaat setelah kelahiran , memilih rumah sakit dll. Semua ini penting untuk ibu persiapkan dengan baik sebelum kelahiran agar saat kelahiran dan setelah nya ibu sudah siap. Karena pada hari kelahiran dan setelahnya ibu  sudah harus fokus bersalin dan  merawat si kecil.

Persiapan menyusui sebelum kelahiran juga penting untuk dilakukan. Selain semua persiapan diatas , Persiapan menyusui sangat penting juga. Menyusui memang adalah proses alami bagi seorang ibu . Tapi sama seperti hal yang lain maka menyusui juga diperlukan pengetahuan , kesabaran dan ketekunan.
Hal-hal yang perlu bunda persiapkan :
1.Kumpulkan informasi menyusui dan pemberian ASI
Carilah seakurat mungkin informasi mengenai menyusui. Bisa ibu peroleh dari buku , koran dan internet. Saat ini informasi bisa diperoleh dari berbagai sumber. Pelajarilah agar bunda bagaimana proses menyusui itu dan pentingnya ASI bagi bayi anda.
2. Pilihlah Dokter dan Rumah Sakit yang pro ASI dan Inisiasi Menyusu Dini
Hal ini sangat penting karena proses menyusui diawali Inisiasi Menyusu Dini / MD  yang dilakukan sesaat setelah kelahiran . Serta menyusui juga segera dilakukan tanpa menunggu apapun . Jadi dokter , tenaga medis dan rumah sakit harus mendukung proses IMD dan menyusui. Seringkali ibu kecewa karena dokter dan rumah sakit tidak mendukung tahap ini. Bayi langsung diangkat dan dipisahkan dari ibunya sesaat setelah kelahiran. Juga bayi diberikan cairan non ASI selama di kamar bayi tanpa persetujuan orang tua. Jadi pilihlah rumah sakit yang mendukung menyusui, yaitu: mengizinkan ibu tidur di satu ruangan dengan anak (rooming-in), mengizinkan menyusui sesuai permintaan bayi (on-demand), tidak memberikan botol (susu formula, air glukosa, atau suplemen lainnya), dsb. Pastikan bahwa suster di rumah sakit itu tahu bahwa anda akan menyusui dan bayi anda tidak boleh diberikan susu botol. Bila perlu, mintalah dokter anda membuat surat khusus untuk suster baik dokter anda ataupun dokter anak.
3. Ikutilah kelas Laktasi
Carilah informasi tentang penyuluhan ASI yang dilakukan oleh tenaga medis . Biasanya Rumah Sakit Umum / Rumah Sakit Ibu dan Anak yang pro ASI secara reguler mengadakan kelas laktasi yang bisa dihadiri oleh umum. Kelas ini akan mengajarkan langsung tentang ASI , cara menyusui yang benar dan cara mengatasi permasalahan seputar ASI.
4. Siapkan mental anda.
Buatlah pola pikir positif bahwa ASI penting bagi bayi anda. Anda harus yakin bahwa anda bisa memberikan ASI . Karena keyakinan dan sikap optimis akan membuat seorang ibu untuk lebih sabar dan tekun saat menyusui. Berpikir dan bertindak positif tentang ASI akan memudahkan untuk kelancaran ASI anda. jangan kuatir akan mitos-mitos tidak benar tentang ASI disekitar anda.
5. Berbagi pengalaman dengan ibu menyusui lainnya
Berkumpul dan berbagi pengalaman dari ibu menyusui secara langsung akan menambah wawasan anda. Selain itu sikap positif akan tumbuh lebih baik daripada berkumpul dengan yang tidak pro ASI.
6. Makan makanan bergizi
Kehamilan membutuhkan banyak energi besar dan makanan untuk janin. Pilihlah makanan yang bergizi tinggi seimbang . Jangan sekedar makan karena ingin makan dan berat bertambah. Pembentukan ASI dimulai saat kehamilan terutama trisemester ketiga kehamilan.
7.Rawatlah Payudara anda
Gunakan bra yang longgar apalagi payudara anda akan membesar dan mengeras. Juga urutlah sesekali payudara anda sebelum mandi dengan gerakan memutar agar sirkulasi darah dan ASI bisa lancar nantinya.

2 komentar: