Durasi Menyusui

Menyusui sebaiknya dilakukan sesaat setelah melahirkan. Inisiasi Menyusui Dini ( IMD ) sesaat setelah melahirkan sebelum bayi dibersihkan , di timbang dan diukur sebaiknya wajib dilaksanakan. ASI harus diberikan sesering mungkin pada bayi agar produksi ASI semakin lancar. Jangan kuatir ASI yang keluar masih sedikit karena hal itu menyesuaikan kebutuhan bayi yang ukuran lambungnya masih sebesar kelereng. Seringkali Ibu menyusui pada hari-hari pertama sudah sangat kuatir akan kurangnya pasokan ASI mereka.

ASI adalah sumber makanan utama bagi bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Karena semua kandungan gizinya bisa mencukupi. Mulai usia 6 bulan bayi mulai dikenalkan pada Makanan Pendamping ASI ( MP ASI ) . Dengan bertambahnya umur makanan tersebut semakin lama semakin kasar dan bervariasi. 

Anjuran untuk durasi menyusui secara eksklusif adalah selama 6 bulan pertama yang artinya anak hanya diberi Air Susu Ibu saja. Setelah ASI eksklusif selama 6 bulan , teruskan menyusui sampai 2 tahun . Alasannya adalah banyaknya penyakit yang menyerang anak kecil dibawah 2 tahun, mulai dari yang ringan sampai berat bahkan yang dapat mengakibatkan kecacatan. Ingatlah karena dalam proses menyusui selain gizi juga "tentara" ( sel darah putih ) ibu akan mengalir masuk ke tubuh anak. Alasan lain adalah pembentukan ikatan batin yang semakin kuat antara ibu dan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar