Bila bayi suka menyusu dari salah satu payudara

Bila bayi suka menyusu dari satu payudara adalah hal bisa saja  terjadi. Efek dari hal tersebut bisa menyebabkan payudara yang tidak disusui akan nyeri karena ASI tidak dikeluarkan. Bahkan pada payudara yang tidak disusui lama kelamaan akan berkurang produksi ASInya sehingga Ibu seringkali bingung payudaranya besar sebelah. Sebetulnya kedua payudara ini akan kembali ke ukuran semula saat masuk masa menyapih nantinya. Sebaiknya bayi harus menyusu dari kedua payudara dengan jumlah frekuensi yang sama . Agar kedua payudara dapat sama-sama menghasilkan ASI sama banyaknya.
Ada hal-hal yang bisa menyebabkan bayi suka menyusu dari satu payudara saja.
  1. Posisi menyusui yang kurang tepat pada salah satu payudara.
    Seringkali saat beralih posisi pada payudara yang lain tidak menemukan posisi menyusui yang pas. Perlu diingat bahwa kebanyakan manusia menggunakan salah satu sisi tubuhnya dengan baik ( kebanyakan tangan kanan ) . Teruslah mencari posisi yang pas dan nyaman untuk bunda dan bayi. Menyusui harus pada puting dan areola ( area gelap sekitar puting ).
  2. Salah satu Payudara  terlau deras ASInya sehingga seringkali muncrat dan membuat bayi tidak nyaman.
    Saya juga mengalami hal ini sehingga anak saya kaget dan terbatuk-batuk karena ASI yang disedot muncrat dengan kerasnya. Hal ini membuat bayi tidak suka dan memilih payudara yang lain. Solusinya saat itu saya pompa sedikit agar tidak terlalu deras.
  3. Salah satu payudara tidak menghasilkan ASI sama lancarnya.
    Terlalu deras hingga muncrat membuat bayi kaget , terlalu susah dihisap juga bayi tidak suka. Sama sperti kita bayi pun akan cenderung memilih yang mudah. Sedikit usaha tapi sudah mendapatkan ASI. Solusi intuk masalah ini adalah rajinlah untuk mengurut dan mengompres payudara sebelum menyusui atau ketika anda mandi. Hal ini dianjurkan agar aliran ASI tidak ada yang menyumbat sehingga dapat mengalir lancar.
  4. Ibu yang hanya memberikan satu payudara saja karena percaya mitos bahwa payudara kanan dan kiri menghasilkan ASI nya berbeda.
    ASI dari payudara kiri dan kanan itu sama baiknya , baik dalam hal kualitas maupun rasa. Yang membedakan adalah “waktu” ASI yang keluar dari payudara. ASI yang keluar pertama dari payudara (ASI awal) akan lebih jernih seperti air kelapa karena tinggi kandungan protein dan air. Sedangkan ASI yang keluar belakangan dari payudara (ASI akhir) tinggi kandungan lemak dan karbohidratnya.
Bila bayi suka menyusu dari satu payudara.Idealnya ASI harus diberikan melalui kedua payudara dengan frekuensi yang sama . Agar produksi ASI pada kedua payudara tetap dapat terjaga. Tetaplah berusaha dan rajin menyusui dengan kedua payudara. Ada tips dari ibu menyusui lainnya untuk memberikan ASI dari payudara yang dihindari , yaitu berikan saat bayi mengantuk atau sedang sangat lapar. Agar ASI memiliki kuantitas dan kualitas yang bagus , ibu harus rajin menyusui , makan makanan bergizi seimbang ( terutama protein tinggi sperti telor, daging2an , kacang dll ) , makan dengan porsi yang cukup dan teratur, cukup istirahat dan jangan stress.

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Dok, istri saya sudah 6 bln ini cuma ngasi asi yg sebelah kanan saja, klu sekarang istri saya mencoba kasih asi yang sebelah kiri, bisa gak dok?nanti ngaruh gak dok dengan kesehatan si kecil?
    asi yg sebelah kiri masih keluarnya dok saat yg sebelah kanan di hisap, hanya saja istri saya takut ngasih yg sebelah kiri, karena sudah 6 bln lebih gk d kasih.

    BalasHapus
  4. ASI memang asupan nutrisi buat sikecil yang terbaik..
    http://sewafreezerasi.com/

    BalasHapus