ASI dan Menyusui

ASI adalah Air Susu Ibu yang merupakan proses alami produksi air susu yang dihasilkan oleh seorang ibu untuk anaknya. ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolactin dan oxytocin setelah kelahiran bayi. Tapi adakalanya ASI akan mulai merembes keluar pada bulan-bulan akhir menjelang kelahiran. Jangan kuatir bahkan bila terlalu lancar bisa diperah atau dipompa untuk kemudian di simpan didalam lemari pendingin .


ASI Ibu baru akan keluar lancar dalam waktu 2-3 hari setelah persalinan. Cairan yang pertama kali keluar adalah cairan yang disebut kolostrum. Kolostrum memiliki antibodi yang bermanfaat untuk membantu tubuh bayi melawan infeksi. Sebelumnya mungkin Ibu akan merasanya nyeri dan keras di payudara, hal ini wajar terjadi. Gunakan bra khusus untuk menyusui guna membuat Ibu lebih nyaman. Masing2 ibu akan berbeda ASI nya akan keluar deras tetapi memang pada awalnya 1-4 hari bahkan bisa lebih dari itu ASI akan keluar sedikit dulu.Hal ini sesuai dengan kebutuhan bayi baru lahir dengan ukuran lambung sebesar kelereng maka kebutuhan ASInya juga masih sedikit.

Agar ASI lancar harus rajin diberi rangsangan menyusui setiap 2-3 jam agar ASI diproduksi terus menerus mengikuti kebutuhan bayi. Selain pola menyusui yang berkala ada faktor2 lain yatu : kebutuhan gizi ibu harus benar2 lebih dari cukup ( makan lebih bergizi dan porsi lebih banyak daripada tidak menyusui ) > seringkali ibu yang setelah melahirkan langsung mengurangi makannya . Protein tinggi sangat dibutuhkan dari daging2an , telor , susu , kacang2an . Selain itu ibu tidak boleh stress , cukup istirahat , sabar dan tekun menyusui. Kelihatannya susah ya bu ? Memang menyusui tidak mudah apalagi saat kelahiran anak pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar