ASI eksklusif


Air Susu Ibu atau ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolactin dan oxytocin setelah kelahiran bayi. ASI pertama yang keluar disebut kolostrum  dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit .
ASI  adalah makanan yang paling alami dengan nutrisi terlengkap bagi bayi. ASI memiliki komposisi yang seimbang dengan protein, karbohidrat, dan lemak, juga dilengkapi dengan vitamin , mineral dan antibodi yang dibutuhkan oleh bayi dalam 6 bulan pertama kehidupannya. ASI juga menyediakan perlindungan terhadap infeksi dan penyembuhan yang lebih cepat dari infeksi. Imunoglobulin A terdapat dalam jumlah yang banyak di dalam kolostrum sehingga memberikan bayi tersebut kekebalan tubuh pasif terhadap infeksi. Terdapat faktor bifidus di dalam air susu ibu yang menyebabkan pertumbuhan dari Lactobacillus bifidus yang dapat menurunkan kumpulan bakteri patogen (menyebabkan penyakit pada manusia) penyebab diare.

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama dan selanjutnya minimal selama 1 tahun. WHO dan UNICEF merekomendasikan ASI eksklusif selama 6 bulan, menyusui dalam 1 jam pertama setelah melahirkan, menyusui setiap kali bayi mau, tidak menggunakan botol dan dot. ASI eksklusif adalah program pemberian ASI secara eksklusif pada bayi hingga usia 6 bulan.Pengertiannya adalah Bayi diberi ASI mulai sesaat setelah melahirkan hingga usia 6 bulan , bayi cukup hanya diberi ASI saja ,tanpa diberi makanan padat / cairan lainnya. Hingga usia 6 bulan ASI dapat mencukupi semua kebutuhan gizi bayi. Bahkan pemberian air putih sekalipun tidak perlu karena ASI juga sudah mengandung air. ASI mudah dikenali tubuh bayi sehingga akan tercerna dengan baik dan jarang sekali menimbulkan alergi. Yakinlah akan ASI karena ASI adalah pilihan terbaik bagi bayi anda . Dengan segala manfaat dan keunggulannya maka tidak ada hal lain yang bisa menyamai ASI apalagi mengungguli ASI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar