Turunnya Berat Badan Bayi Baru Lahir

Senangnya saat kita baru saja melahirkan dan melihat si kecil yang lucu. Pada awal-awal hari setelah kelahirannya berat badan bayi turun . Tidak perlu khawatir bila berat badan bayi mengalami penurunan selama hari-hari pertama kelahirannya. Karena, memang sampai hari ke-4, dia akan kehilangan sekitar 5-7% dari berat lahir. Ini merupakan masa bagi anak untuk menyesuaikan diri dengan dunia luar.
Turunnya berat badan bayi baru lahir adalah sesuatu yang wajar terjadi. Untuk mengimbangi penurunan berat badan tersebut, sangat dianjurkan agar bayi diberi ASI setiap 2-3 jam sekali dalam sehari atau setiap bayi mau minum. Dengan demikian, diharapkan, pada 2-3 minggu ke depan,berat badan yang menurun tersebut dapat pulih kembali.
Pada bulan pertama, biasanya kenaikan berat badan rata-rata bayi mencapai 500-1400 gram. Selanjutnya, pada bulan ke-2, akan bertambah sekitar satu kilogram dari berat tubuhnya waktu lahir. Normalnya, pada bulan ke-2, berat badan bayi Anda akan mencapai 3,5 kg .Di bulan ke-3 adalah antara 4,3 hingga 6,8 kg. Untuk mengetahui apakah berat badan bayi Anda tergolong normal atau tidak, gunakanlah Kartu Menuju Sehat (KMS) atau berkonsultasilah pada dokter pada waktu melakukan pemantauan kesehatan rutin bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar