Karunia Menyusui

Menyusui adalah karunia bagi seorang Ibu setelah melahirkan bayinya. Sama seperti karunia yang lain , karunia menyusui diberikan secara cuma-cuma olehNya dengan segala manfaat dan kelebihan yang tak tertandingi oleh apapun. Tidak ada yang bisa menyamai apalagi mengungguli ASI. Proses menyusui membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Membentuk karakter positif bagi seorang Ibu untuk lebih disiplin , pengasih dan penyabar .
 Hal-hal mengesankan selama menyusui bagi saya dan ibu-ibu menyusui lainnya merupakan pengalaman yang luar biasa dan tidak akan pernah terlupakan . Semua pengalaman ini membangkitkan rasa senang , nyaman , haru , bahagia , bangga yang tidak dapat terlukiskan dengan kata-kata. Saat si kecil menyusu sambil menatap dengan tersenyum dan menggegamkan tangannya yang mungil di jariku benar-benar indah dunia ini . Pengalaman yang mengesankan ini bukan saja yang menyenangkan saja tapi juga hal-hal yang unik , menyakitkan , rasa hampir frustasi , konflik batin juga ikut mewarnai pengalaman menyusui. Yang paling sering adalah konflik batin saat diri kita tidak yakin apakah ASI bisa mencukupi kebutuhan bayi kita. Hampir frustasi saat bayi kadang menangis terus yang belum tentu karena lapar. Dengan dukungan dari pasangan, orang-orang disekitar , informasi yang tepat dan ketelatenan maka proses menyusui bisa berjalan dengan lancar . Bayi tumbuh normal dan sehat berkat ASI. Ada juga yang merasa paling berkesan adalah saat puting susu perih dan tetap menyusui sehingga disitulah perjuangan seorang ibu menahan sakit dan perih demi bayi tercinta. Bahkan ada ibu yang kangen menyusui anaknya meskipun sudah menyusui hingga 2 tahun . Saat harus terbangun beberapa kali di saat malam untuk menyusui secara langsung tidak membuat seorang ibu menjadi kesal dan marah tapi dengan penuh kasih dan kerelaan semua ini dijalani dengan suka cita.

Saya sangat bersyukur pernah diberi kesempatan untuk hamil , melahirkan dan menyusui. Sungguh suatu karunia yang tak ternilai harganya. Merasakan menjadi seorang wanita dan ibu yang komplet . Jiwa , sifat dan sikap keibuan semakin bertambah dari hari ke hari bagi seorang wanita yang menyusui bayinya. Karunia menyusui membentuk ikatan batin yang sangat kuat bagi bayi dan ibu.Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan ini. ASI adalah yang terbaik untuk buah hati kita. Ibu hanya perlu berusaha , yakin dan percaya bahwa Tuhan mencukupi kebutuhan gizi anak kita melalui ASI yang dititipkan kepada kita. Sungguh besar karunia menyusui. Semangat Menyusui Bunda ..!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar