Persiapan Menyusui Menjelang Melahirkan

Menyusui adalah hal alami yang perlu dilakukan oleh seorang ibu sesaat setelah melahirkan. Persiapan menyusui tidak kalah pentingnya dengan persiapan kelahiran itu sendiri. Sebagai calon ibu perlu adanya persiapan menyusui menjelang melahirkan karena menyusui sekalipun hal yang alami tidaklah mudah bagi ibu yang belum berpengalaman.  Ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh calon ibu terutama untuk ibu yang baru melahirkan anak pertama :
  1. Yang paling utama dalam persiapan menyusui adalah mempersiapkan pemahaman , mental dan psikologi anda. Menyusui diperlukan niat , ketekunan dan kesabaran. Ibu harus menyadari akan hal itu dan pentingnya ASI untuk bayi anda.
  2. Mintalah dukungan positif dari keluarga , teman, rekan kerja dan suami . Dukungan positif untuk menyusui akan membentuk pola pikir yang baik dengan tekad yang kuat.
  3. Carilah informasi mengenai menyusui sebanyak mungkin dari orang-orang yang sudah berhasil menyusui , buku, dokter, tenaga medis  ataupun internet.
  4. Pilihlah dokter yang mendukung keputusan anda untuk Inisiasi Menyusui Dini ( IMD ) dan menyusui 
  5. Pilihlah rumah sakit yang mendukung Inisiasi Menyusui Dini dan menyusui pasca melahirkan. Yaitu: membantu melakukan prosedur Inisiasi Menyusui Dini sesaat setelah melahirkan ,  mengizinkan ibu tidur di satu ruangan dengan anak (rooming-in), mengizinkan menyusui sesuai permintaan bayi (on-demand), tidak memberikan botol (susu formula, air glukosa, atau suplemen lainnya), dsb. 
  6. Pastikan bahwa suster di rumah sakit itu tahu bahwa anda akan menyusui dan bayi anda tidak boleh diberikan susu botol. Bila perlu, mintalah dokter anda membuat surat khusus untuk suster baik dokter anda ataupun dokter anak
  7. Hadirilah kelas-kelas persiapan kehamilan. Biasanya kelas ini mengajarkan teknik pernafasan untuk mengurangi rasa sakit melahirkan. Dengan teknik ini, kemungkinan anda perlu menggunakan penghilang rasa sakit akan berkurang. Pastikan kelas tersebut juga mengajarkan dasar-dasar menyusui.
  8. Pilihlah BH menyusui longgar, sejuk ,memberikan support kepada payudara, dan juga cukup besar untuk melewatkan puting. Jangan gunakan BH yang terlalu ketat. Bila perlu Ibu juga melengkapinya dengan breast pad.

2 komentar:

  1. Halo Admin infoasimenyusui.blogspot.com,

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama lagi untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di infoasimenyusui.blogspot.com
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan atas.

    Dan kami akan menampilkan infoasimenyusui.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/relationship/ibu-bayi-dan-balita/

    Terima kasih atas kerjasamanya :)

    Humas Vemale.com
    Selvie Chummairoch

    Jika berkenan bekerjasama silahkan menghubungi humas@kapanlagi.net dengan menyertakan pesan ini.

    BalasHapus
  2. salam kenal..
    ternyata bayaj juga ya hal yang harus di persiapkan menjelan kelahiraan salah satinya mempersiapkan perlengkapan bayi seperti kaos kaki murah untuk membantu baju dalam menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkingannya...

    BalasHapus