Menyusui Sambil Bekerja

Seorang Ibu seringkali memiliki peran yang berbeda-beda dalam hidup ini. Berumah tangga , mendampingi suami , melahirkan , menyusui bahkan bekerja mencari nafkah. Tanggung jawab yang besar seringkali harus dihadapkan pada pilihan yang sulit untuk skala prioritas.
Ibu menyusui seringkali dihadapkan pada pilihan yang berat antara tetap menyusui atau kembali bekerja. Menyusui sambil bekerja adalah solusinya. Prinsip menyusui adalah Air susu ibu harus dikosongkan minimal setiap 3 jam . Semakin rajin mengosongi maka semakin rajin ia mengisi. Buatlah ini menjadi suatu rutinitas dengan mendisiplinkan diri dalam menyusui sambil bekerja.

Sekarang bagaimana caranya menerapkan menyusui sambil bekerja ?  Awalnya sebelum berangkat bekerja , kosongi ASI dengan disusui langsung atau ditampung . Ditempat bekerja ada rutinitas tiap 3 jam untuk mengosongi ASI yang lalu ditampung dalam botol yang bersih. Tentunya mintalah ijin dari atasan anda sebelumnya untuk aktifitas rutin ini .  Setelah proses memerah susu selesai dan botol ditutup simpan dalam tas . Didalam tas , ASI dapat bertahan 8-10 jam .Jangan lupa bahwa botol harus bersih dan catat tanggal serta jam ketika ASI diperah tadi. Seandainya di kantor / tempat kerja ada kulkas untuk bisa dititipi maka lebih baik. Rutinitas ini dapat dilakukan beberapa kali sewaktu ibu berada di tempat kerja. Sesampai dirumah Ibu sudah membawa beberapa botol ASI perah yang bisa disimpan untuk esok hari. Jangan lupa untuk menyimpan didalam kulkas.

Yang perlu diperhatikan Menyusui sambil bekerja adalah ketelatenan dan keteraturan .Bila Ibu pulang bekerja , segera peluk dan gendong anak anda sambil menyusui. Sebaiknya setelah sampai  dirumah , Ibu tidak lagi menyerahkan si kecil pada pengasuh.

Artikel lain yang berkaitan dengan judul ini adalah :

1 komentar:

  1. Nice Post.
    Tidak mudah menjadi ibu yang sekaligus bekerja. Mereka mesti memenuhi tanggung jawab sebagai ibu sekaligus memenuhi tanggungjawab di tempat kerja. Two thumbs up untuk mereka !!

    Oh ya.. jangan lupa mampir juga ke web kami untuk melihat-lihat beberapa perlengkapan menyusui yang mungkin dapat membantu ibu yang ingin tetap memberikan ASI namun tidak ingin meninggalkan tanggungjawab di kantor.
    www.bocahbayi.com

    BalasHapus